Pengertian Internet

Pengertian Asal Usul Internet

Pengertian Internet Dan Asal Usul Istilah Internet

Thursday, August 22nd 2013. | Internet

jaringan internet globalPengertian Internet Dan Asal Usul Internet – Apa sebenarnya internet itu? Siapa yang pertama kali menemukan internet? Internet sendiri merupakan istilah singkatan yang berasal dari Interconnection Networking, yang berarti sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan antara satu sama lain di seluruh penjuru dunia. Internet merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) yang digunakan untuk melayani miliaran pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah seperti inilah yang dinamakan internetworking (antarjaringan).

Pada awalnya internet dirintis oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1958 sesuai dengan pendirian sebuah badan bernama ARPA (Advance Research Projects Agency). Pembentukan ARPA sendiri sebenarnya merupakan balasan Amerika Serikat terhadap musuh besarnya kala itu yaitu Uni Soviet (yang sekarang berganti nama menjadi Rusia), dimana pada tahun 1957 Uni Soviet berhasil meluncurkan wahana luar angkasa yang diberi nama Sputnik. Setelah ARPA terbentuk, mereka memulai proyek yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang pada saat itu mereka mendemonstrasikan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon melalui bantuan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX. Karena dibangun untuk tujuan militer maka ARPANET dihubungkan melalui 4 situs berbeda untuk menghindari terpusatnya data dan  informasi, yang apabila terjadi perang akan mudah untuk dihancurkan. Keempat situs tersebut adalah University of California, Stanford Research Institute, Santa Barbara, dan University of Utah. Keempat situs tersebut membentuk suatu jaringan terpadu pada tahun 1969, setelah itu ARPANET diperkenalkan secara umum pada tahun 1972 dan sejak saat itu semua universitas di seluruh Amerika Serikat ingin bergabung sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk meengaturnya. Sebagai solusinya maka dibentuklah “MILNET” yang dibuat untuk keperluan khusus militer dan “ARPANET” baru yang jauh lebih kecil untuk mengelola keperluan non-militer seperti untuk universitas. Gabungan dari kedua jaringan ini akhirnya lebih dikenal dengan sebutan DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Pada tahun ini ada sekitar 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas yang berada dalam jaringan ARPANET. Pada tahun 1972 juga diciptakan surat elektronik (e-mail) oleh seorang insinyur komputer yang bernama Raymond Samuel Tomlinson. Penemuan ini sangat penting karena e-mail begitu mudah digunakan dan sangat cepat menjadi populer saat itu.

Tahun 1973 ARPANET mulai berkembang  ke luar Amerika Serikat. Pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat diantaranya yaitu University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia. Setahun kemudian protokol Transmission Control Protocol (TCP) dipublikasikan ke publik oleh Vint Cerf dan Bob Kahn yang dimuat dalam artikel mereka  yang berjudul “A Protocol for Packet Network Interconnection“. Sejak saat itu perkembangan jaringan yang berada di bawah ARPANET terus bertambah. Hingga pada tahun 1977, sudah ada 111 komputer yang telah terhubung ke dalam jaringan ARPANET. Puncaknya terjadi sekitar tahun 1980 dimana PC (personal komputer) atau komputer pribadi mulai mewabah dan memungkinkan semakin banyak orang terhubung ke jaringan ARPANET. Tahun 1980 juga bisa disebut era kelahiran internet karena di dekade ini pengguna jaringan internet bertambah secara drastis dari tahun ke tahun.

Pada tahun 1982 mulai digunakan istilah Internet yang kita kenal hingga saat ini. Di tahun ini juga protokol TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Hingga akhirnya pada tahun 1990 seorang pakar komputer dari Inggris bernama Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan. Program inilah yang kemudian disebut www atau singkatan dari World Wide Web. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, dari mulai gambar, tulisan, suara hingga konten lainnya, dan saling menghubungkannya satu sama lain materi-materi tersebut yang telah tersebar di internet. Sejak saat itu perkembangan internet secara global meningkat pesat dan bahkan hingga saat ini pengaruh internet seakan tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari.

Demikian sekilas mengenai pengertian internet dan asal usul istilah internet. Semoga menjadi informasi yang berguna bagi siapa saja yang ingin mengetahui tentang asal muasal internet dan perkembangannya hingga saat ini.

tags: , , , ,

Artikel Terkait Lainnya Untuk Pengertian Internet Dan Asal Usul Istilah Internet